• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kabag pemerintahan

    Kabag pemerintahan

    Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Koltim Gelar Bimbingan Teknis Tata Kelola Perpustakaan Sekolah Tingkat dan Menengah

    Admin
    , Juni 10, 2024 WIB Last Updated 2024-06-10T15:59:29Z

    Foto : Istimewa 

    KOLTIM, TARGET INVESTIGASI. com- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Koltim, menggelar Bimbingan Teknis tata kelola perpustakaan sekolah tingkat dasar dan menengah di Koltim.


    Kegiatan ini, dilaksanakan di Baros Farm House Desa Tawainalu, Senin (10/6/2024), yang dibuka Asisten 2 Setda Koltim Irwan SSos mewakili Bupati Koltim. Hadir Kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Koltim Maryono DPd MEd, narasumber dan undangan terkait. 


    Bupati dalam sambutan tertulisnya yangdisampaikan Irwan berharap, dapat terbangun pembudayaan kegemaran membaca terkait tata kelola perpustakaan di sekolah, baik tingkat dasar maupun di tingkat menengah. Selain itu, seluruh pengelola perpustakaan, para guru di Sekolah melalui jalur pendidikan, bahwa dalam menuntut ilmu baik secara formal, maupun Non Formal dapat dan bersedia untuk berperan aktif menciptakan upaya Gemar Membaca  secara maksimal terhadap siswa atau anak didik di sekolah.


    Foto : Istimewa 


    Seperti diketahui lanjut bupati, membaca merupakan Unsur penting dalam Pendidikan yang harus tetap terjaga dan di tingkatkan, esensinya  melalui berbagai Upaya Pembinaan dan Pengembangan Kegemaran membaca. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan  yang mana pada BAB XIII pasal 48 ayat 1 mengisyaratkan bahwa  Pembudayaan Kegemaran membaca melalui tiga jalur yaitu jalur Keluarga yang merupakan basis awal dari pendidikan, dimana berhasil atau tidaknya  anak didik tergantung cara bagaimana orang tua mengarahkannya, selanjutnya melalui Jalur Pendidikan antara lain menggalakkan gemar membaca bagi Siswa atau anak didik, ketersediaan buku dan pengelolaan perpustakaan sekolah secara Optimal, dan jalur terakhir adalah merupakan jalur masyarakat yang kondisi saat ini di sadari bahwa minat membaca masyarakat masih tergolong rendah, sebab masih belum terkelolanya Pustaka Nagari, pustaka masjid dan  rumah baca yang baik, sehingga kurangnya motivasi masyarakat dalam meningkatkan minat baca. 


    Tentunya Hal ini yang perlu dicari Solusi dan inovasi baru khususnya dalam pengelolaan Pustaka. Sehubungan dengan itu lanjut bupati, melalui bimtek ini, keterpaduan ketiga jalur tersebut dalam penciptaan Upaya Gemar membaca sangat di perlukan 


    “Kalaulah ini dapat dicptakan di Kolaka Timur, maka kedepan kita memiliki sumber daya yang berkualitas, demi  terwujudnya masyarakat Kolaka Timur yang berilmu pengetahuan dan berketerampilan  serta dapat menciptakan lapangan Kerja  baru. Saya berharap  kepada peserta kegiatan Bimtek ini  untuk mampu merencanakan dan memberikan masukan  pada pengelola masing-masing perpustakaan untuk dapat memberikan perhatian yang serius terhadap perpustakaan dengan menfasilitasi, menyediakan kebutuhan  bagi pengelolaan perpustakaan seperti Gedung/ ruangan, koleksi buku, rak buku di masing-masing perpustakaan sekolah, saya juga meminta kepada  seluruh peserta Kegiatan  untuk dapat mengikuti kegiatan  dengan baik  agar tujuan yang ingin di dapat  bisa berhasil," harap bupati.


    Foto : Istimewa 


    Hal ini lanjutnya, sejalan dengan Visi Koltim sendiri. Pada misi peningkatan kualitas SDM berbasis ajaran agama, IPTEK serta budaya lokal, yang merupakan terobosan pembangunan yang terintegrasi untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah pada Program “ Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat atau GEMAS Kolaka Timur” terus berinovasi menguatkan pencapaian Visi-misi Pemda Koltim 2021-2026.

     

    "Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan tau karya rekam secara professional  dengan system yang baku guna memenuhi kebutuhan  pendidikan, penelitian, pelestarian , informasi dan rekreasi para pemustaka. Perpustakaan juga terdiri atas: Perpustakaan Nasional, perpustakaan Umum perpustakaan sekolah/madrasah, Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Khusus. Menurut pendapat para ahli bahwa Perpustakaan Sekolah  merupakan perpustakaan yang berada  di lingkungan Sekolah , bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan bertugas untuk melayani Civitas Academica sekolah tersebut. Tutupnya


    Laporan : Tim TI 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini