• Jelajahi

    Copyright © Target-Investigasi.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kabag pemerintahan

    Kabag pemerintahan

    KPU Koltim Resmi Melantik Sebanyak 397 Anggota PPS

    Admin
    , Mei 26, 2024 WIB Last Updated 2024-05-26T12:25:17Z
    Foto : Istimewa 


    KOLTIM, TARGET INVESTIGASI. com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Hari ini, Minggu 26 Mei 2024 resmi melantik sebanyak 397 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang terbagi dari 133 Desa /Kelurahan dan 12 Kecamatan Se- Koltim, Untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.


    Dalam kata sambutannya Ketua KPU Koltim Anhar M.,S.H mengatakan pelantikan PPS secara serentak ini berjumlah 397 orang, dimana seharusnya pelantikan tersebut seharusnya berjumlah 399 orang dari 3 orang perdesa dikalikan 133.



    Foto : Istimewa 


    Menurutnya, kekurangan 2 orang tersebut, akibat dikarenakan pendaftaran dari Desa Lalokateba kurang 1 orang dan Desa Anggolosi kurang 1 orang.


    Sedangkan Desa Tongauna kosong pendaftaran, namun katanya telah diadakan pleno bersama semua yang terkait, kemudian telah dilakukan kerjasama pemerintah setempat untuk penujukan langsung melalui metode kerjasama. 


    "Anhar dengan nama sapaan akrabnya mengungkapkan sedangkan di Desa tongauna tidak ada yang terpilih karena kemarin mereka pendaftarannya tidak ada, sehingga kami melakukan kerjasama semua yang terkait terutama pemerintah setempat untuk penunjukan langsung melalui metode kerjasama, demikian juga nantinya untuk kekurangan 2 orang tersebut", ungkap Anhar.


    Ia juga menambahkan, berdasarkan data keterwakilan perempuan dalam PPS mencapai 55 persen. Dimana jumlah 219 perempuan dan 178 laki laki.


    “Pendaftar ada 793 orang, dan yang mengikuti ujian tertulis sekitar 730 orang, yang dilanjutkan wawancara. Akhirnya terpilih 397 PPS. Secara keterwakilan perempuan lebih dari 55 persen", kata Anhar dalam sambutannya.


    Ditempat yang sama Bupati Koltim Abd, Asiz SH, MH, yang diwakili Asisten 1, Arisman SE. Mengatakannya, Bupati sangat mensuport prosesi pelantikan PPS hari ini, namun permohonan maaf Bupati yang seyogianya hadir namun Karena beliau masih di jakarta dengan urusan yang tidak bisa d wakili.


    "Apa yang terjadi ini adalah perjalanan panjang dan Alhamdulillah semua telah di lewati hingga proses pelantikan saat ini, Bupati kita menyampaikan aspirasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PPS, dimana jika dilihat sekarang PPS-nya ada anak muda, dan keterwakilan perempuan yang mencapai 55%. Hal ini sangat membanggakan", pungkas Arisman mewakili Bupati.


    Foto : Istimewa 


    Tak lupa juga Arisman mengingatkan agar PPS terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada publik, untuk suksesnya penyelenggaraan sebagai Perpanjangan tangan KPU ke desa, dan harus menjaga integritas selagi bertugas dan mengabdi untuk Negara.


    Untuk diketahui, Kegiatan ini berlangsung di Aula Pemda, dan hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua atau yang mewakili KPU Provinsi, Bupati Koltim Yang diwakilkan Asisten 1Arisman SE, Kapolres Koltim, Kejari Kolaka atau yang diwakili, Para pimpinan Bawaslu Koltim, dan semua Komisioner KPU, serta seluruh peserta PPS yang di lantik dan Insan pers.



    Laporan : Imran 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini